Selasa, 15 Juli 2014

Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat

Ads Responsive

Selama bulan Ramadan, keluarga muslim biasanya akan berkumpul untuk bersantap sahur ataupun berbuka puasa.
Menentukan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka sangatlah penting saat berpuasa.
Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur?

Selain karena memang disunahkan, bersantap sahur sangatlah penting sebagai cadangan energi selama berpuasa. Makanan saat sahur sebaiknya terdiri dari:

Makanan Apakah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur?


Berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan untuk menu sahur Anda, antara lain
  • Buah dan sayuran
Makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur penting karena dapat meningkatkan perasaan kenyang dan dapat pula mencegah konstipasi atau sulit buang air besar (BAB). Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral dan fitokimia yang penting bagi kesehatan
  • Nasi atau penggantinya
Makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya serat seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membantu memberikan cadangan energi
  • Daging atau penggantinya
Daging ayam tanpa kulit, ikan dan produk olahan susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik dan membatasi asupan lemak Anda. Selain itu juga dapat memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi produk olahan susu yang tinggi kalsium dapat menjaga kekuatan tulang
Makanan apakah yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa?

Makanan Apakah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa?

Berbuka puasa merupakan saatnya untuk mengembalikan cadangan energi, sehingga makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah:
  • Serat
    Biasanya saat bulan Ramadan, kurma dikonsumsi sebagai simbolis saat berbuka puasa. Selain merupakan sumber energi yang baik, kurma juga kaya akan potassium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf agar bekerja dengan baik. Tetapi, hati-hati juga agar jangan mengkonsumsi kurma terlalu banyak karena kurma tinggi akan gula.
  • Karbohidrat
    Roti gandum, nasi merah atau mi yang terbuat dari gandum merupakan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan tubuh energi, serat dan mineral. Jika dibandingkan dengan makanan tinggi gula atau dessert yang dibakar lebih cepat.
Protein
Sumber protein tinggi seperti ayam (tanpa kulit), ikan, telur atau kacang-kacangan dapat dipilih sebagai menu berbuka puasa. Untuk menjaga makanan Anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak dan beralih ke rebus-rebusan, bakar atau panggang. Saat memilih minyak, pilihlah minyak yang tinggi akan lemak tak jenuh.


Ads Responsive
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Seorang yang ingin berbagi Pengetahuan dan informasi yang pernah terjadi pada diri sendiri dan orang lain yang dapat memotivasi kita dalam mengarungi bahtera hidup di Dunia dan Akhirat.

Related : Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat