Jumat, 27 Januari 2017

Rumah Kreatif BUMN Sumenep Madura

Ads Responsive

Rumah Kreatif BUMN atau yang biasa disingkat menjadi RKB kini telah banyak diresmikan oleh Menteri BUMN, dan kini giliran Rumah Kreatif BUMN Sumenep Madura yang segera diresmikan.

Rumah Kreatif BUMN menjadi wadah bagi kolaborasi BUMN dalam mewujudkan Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM. Nantinya, rumah ini akan berperan sebagai pusat data dan informasi serta pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM.

Tujuan pembangunan RKB ini sendiri ialah agar adanya peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM. Rencananya, Rumah Kreatif akan ada di 100 lokasi di setiap kabupaten/kota di Indonesia.

Hari Selasa 24 Januari & 25 Januari 2017 kemarin saya diberi tugas untuk menyediakan Jaringan LAN (Lokal Area Network) dan disana sudah di siapkan pula Jaringan Internet Indihome. Sebenarnya 2 hari itu yang saya kerjakan bukan Cuma Jaringan LAN untuk Rumah Kreatif BUMN akan tetapi juga melakukan pemeliharaan jaringan secara preventif di PT. PLN Rayon sumenep kebetulan yang bertanggung jawab RKB tersebut adalah PT. PLN Area Pamekasan (Rayon Sumenep)

Pada hari pertama yaitu hari selasa saya menarik kabel UTP dari setiap ruangan ke server, lalu kabel tersebut di Krimping kemudian dilakukan penataan untuk merapikan kabel sehingga ruangan terlihat rapi dan bersih. Kebetulan pada hari pertama ruangan masih belum selesai pengecetannya sehingga komputer belum bisa di pasang di hari pertama. Karena itu kami meninggalkan RKB dan pindah ke Kantor PLN, disana kami melakukan pekerjaan rutin kami yaitu melakukan Pemeliharaan Jaringan LAN & Komputer yang telah menjadi tugas saya secara rutin.

Pada hari kedua yaitu hari Rabu saya kembali ke RKB untuk melanjutkan pekerjaan kemarin, karena ruangan sudah bersih, proses pengecatan sudah selesai dan meja Komputer sudah tertata rapi di masing-masing ruangan, maka tinggal saya dan teman-teman untuk beraksi yaitu Memasang Komputer sekaligus menyettingnya agar bisa terhubung ke Jaringan Internet.

Tidak lebih dari 1 Jam pekerjaan selesai karena hanya memasang 3 Unit komputer itupun komputer yang digunakan adalah All In One sehingga tidak memakan waktu lama untuk memasangnya selain 3 unit Komputer juga ada 1 Unit Laptop dilengkapi dengan Proyektornya.
Nah Seperti Apa dan ruangan apa saja yang ada pada Rumah Kreatif BUMN PLN Rayon Sumenep?

Berikut saya sertakan gambar dari hasil Camera apa adanya yang diambil dari luar ruangan, pada gambar tersebut tampak Logo Rumah Kreatif BUMN dengan logo PT. PLN di Pintu Utama begitu juga yang ada di diatas bagian luar RKB, hal itu membuat RKB lebih Cantik dan Bagus. Yuk Langsung Masuk ruangan ya..!
Rumah Kreatif BUMN Sumenep Madura
Tampak Pintu Utama RKB Sumenep

Tampak dari arah Barat

Tampak dari arah Selatan
Apabila kita sudah masuk maka langsung disambut oleh Resipsionis, posisi itu disebut dengan Zona Registrasi. tempatnya seperti pada gambar dibawah yaitu terdiri dari 2 Kursi. ruang ini lebih lebar dari ruangan yang lain di dalam ruangan ini kata orang madura di sebut Amper Dalem.
Zona Registrasi


Jika kita sudah masuk dan sudah beremu dengan penerima tamu yang duduk di zona Registrasi, liriklah sedikit ke arah kiri, maka akan melihat beberapa produk lokal yang sengaja di pajang agar kita bisa mengetahui dan jika berminat kita bisa memesannya disana. tempat itu yang disebut dengan lemari Pantry. selain lemari Pantry juga ada kayu ukiran yang berada diseblah lemari itu digunakan untuk memamerkan Batik Madura yang juga merupakan Produk Lokal Madura. perhatikan pada gambar berikut ini.
Lemari Pantry
Lemari Pantry Mulai di isi produk Lokal
Zona Digitalisasi & Ecommerce, Zona Konsultasi & Quality Control dan Zona Belajar & Berbagi.
Pegawai PLN dan Pemkab
Produk Madura bernama Peccot
Selain Zona Registrasi dan Lemari Pantry, di Amper Dalem RKB terdapat Meja Bundar yang dikelilingi beberapa Kursi dan posisinya berada di depan Lemari Pantry, meja itu digunakan untuk menganalisa data hal tersebut diberi Nama Zona Analisa Data. dibawah penampakannya hehee (Kayak hantu saja ya kalau pakai kata Penampakan)
Meja Zona Analisa Data
Meja Zona Analisa Data
Hemm baru masuk saja sudah mengetahui banyak hal, iya kan.? jangan berhenti sampai disitu saja, mau nggak kalau saya ajak anda masuk kesetiap ruangan untuk mengenal RKP Sumenep lebih dalam lagi? Mau nggak? kalau nggak mau ya... (Ups Maaf bercanda) Yuk kita masuk ruangan..!

Perlu Sahabat ketahui bahwa Rumah Kreatif BUMN Sumenep memiliki 3 ruangan inti, Yaitu Zona Digitalisasi & Ecommerce, Zona Konsultasi & Quality Control dan Zona Belajar & Berbagi. untuk lain-lainnya hanya pelengkap saja.

Zona Digitalisasi & Ecommerce 
Ruangan ini terdiri dari 1 unit Komputer, Speedy lengkap dengan meja komputernya selain meja tempat komputer duduk, ada juga meja bundar lengkap dengan kursinya. Berdasarkan Nama Zona Digitalisasi & Ecommerce, Ruangan ini kemungkinan dijadikan untuk mengambil gambar produk untuk diupload ke website untuk dijual secara online namun sampai saat ini saya masih belum mengetahui alamat website-nya. sementara yang saya ketahui hanya alamat website resmi RKB yang dapat sahabat kunjungi di Rumah Kreatif BUMN. Posisi ruangan ini berada belakang Zona Registrasi.
R. Zona Digitalisasi & E_Commerce
Zona Konsultasi & Quality Control
kelengkapan Ruangan ini tidak ada bedanya dengan Zona Digitalisasi & Ecommerce hanya saja tidak ada Speedynya namun sama-sama terhubung ke jaringan internet. yang membedakan hanyalah Fungsi. apabila kita memeliki produk dan ingin mengetahui bagaimana prosedurnya maka ruangan ini yang menjadi tempat kita atau pengen tanya-tanya tentang bagaimana agar produk kita lebih bagus dan banyak peminat, maka kita bisa masuk keruangan ini.
Zona Konsultasi & Quality Control
Zona Belajar & Berbagi
Selain Zona Digitalisasi & Ecommerce dan Zona Konsultasi & Quality Control ada juga Zona Belajar & Berbagi diruangan ini kita bisa menimba ilmu dan berbagi Mulai dari hal terkecil hingga hal besar tentang produk atau pemasaran. ruangan ini dilengkapi dengan Laptop dan proyektor sehingga kegiatan berbagir atau sharing knowlege bisa lancar dan maksimal.
Zona Belajar & Berbagi
Demikian dulu ya.. owh ya ada yang ketinggalan ne, Selain fasilitas yang sudah disebutkan tadi di atas, ternyata didalam ruangan disediakan juga TV LED yang di taruk di setiap ruangan dan terhubung ke TV kabel. eh ada lagi, Alamat RKB Sumenep yaitu Jl. Urip Sumoharjo No. 03 Sumenep (itu kan alamat Kantor PLN Rayon Sumenep hehe iya benar tapi Gedungnya berdekatan dengan PLN Rayon Sumenep mahkan gedung yang digunakan adalah Gedung Cater dan Loket Pembayaran Listrik) hemmm ya itu yang ketinggalan.

Sampai ketemu di tulisan ngawur berikutnya ya.. tapi meski ngawur berharap tulisan ini bermanfaat ya, setelah anda mengetahui akan RKB Sumenep. jangan lupa ya untuk berkunjung kesana. siapa tau mendapatkan manfaatnya dan bagi anda yang memiliki produk unggulan jangan takut dan jangan malu untuk bergabung dengan RKB Sumenep. siapa tau memapu meningkatkan Omset anda.

Ads Responsive
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Seorang yang ingin berbagi Pengetahuan dan informasi yang pernah terjadi pada diri sendiri dan orang lain yang dapat memotivasi kita dalam mengarungi bahtera hidup di Dunia dan Akhirat.

Related : Rumah Kreatif BUMN Sumenep Madura

8 komentar

Kalau di tempat kerja saya, ada "rumah kreatif UKM", hasil kerja sama dengan BNI '46, dalam rangka utk memfasilitasi UMKM berjualan secara ecomerce

itu mah sama, sama-sama didukung oleh BUMN. BNI kan BUMN begitu juga dengan yang di sini. didukung oleh BUMN juga (PT. PLN). Makasih ya dah berkunjung

Dsni rumah kreatifnya di daerah sanur. Tapi bagus kok

Kreatif banget. Jadi mikir2 kalo di rumah dibikin ruang kreatif juga hehehe

syukur dech kalau bagus, jadi pengen tau kayak apa ne heheh. makasih ya dah sempatkan baca.

iya mbak benar, enak banget kalau punya rumah kreatif sendiri terus bisa ngembangin brand yang ada dilingkungan gitu. Thank's ya dah Baca

Semoga terawat dan berkembang dengan baik, ngak kosong terbengkalai

Amiin, Makasih mas brow sudah sempatkan diri kemari dan doanya semoga dikabulkan.