Jumat, 10 Februari 2017

Cara Meningkatkan Penjualan Produk secara Online

Ads Responsive

Makin mudahnya dan murahnya dan canggihnya teknologi, Berjualan secara online sudah menjadi trend dikalangan pengusaha, baik pengusaha pemula atau pengusaha yang sudah berkembang pesat. mereka yang memiliki usaha ofline akhir-akhir ini mulai mengonlinekan produknya dengan berharap agar target pasar lebih luas tentunya.

Namun tidak kita pungkiri bahwa berjualan online ataupun ofline akan bertemu dengan yang namanya jenuh, hal itu terjadi mungkin karena Produk yang kita tawarkan pada pelanggan tak jua direspon dengan baik kata kasarnya Tak Laku-laku.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk secara Online, Cara Agar Usaha kita bisa laris manis, Beberapa Faktor Produk Bisa Laris Manis di Pasaran, Cara paling mudah riset produk bisa menggunakan Google Trend

Perlu kita ketahui bahwa Saat kita jualan online, kita tidak bisa asal jualan begitu saja, cuma upload foto produk, spesifikasi, kasih harga, nomor HP, promosi, terus ditinggal begitu aja. dalam berjualan online, ada beberapa Faktor yang perlu kita perhatikan supaya jualan kita bisa laris manis.

Beberapa Faktor Produk Bisa Laris Manis di Pasaran

Target (Targeting)
Sebelum mulai melakukan promosi, kita harus tau dulu secara detail siapa calon pembeli tertarget kita. Kita harus tau dimana mereka biasanya berkumpul, media sosial apa saja yang mereka gunakan. Bahkan yang paling ekstrim kita harus tau berapa rata-rata pendapatan mereka per bulan. jika sudah mengetahui kondisi target baru lah kita beraksi.
Mengikuti Perkembangan (Trend)
Tidak sedikit dari sebagian kita yang berjualan online melakukan kesalahan ini, yaitu berjualan produk yang tidak banyak dicari orang atau sudah out of trend. Bila kita hanya asal jual tak memperhatikan hal ini, bukan berarti tidak laku tapi Insyaallah tapi lama. sedangkan kita bisa untung dari berputarnya uang. Ada Cara paling mudah riset produk bisa menggunakan Google Trend.

Diferensiasi (Differentiation)
Cobalah buat pembeda antara toko online Anda dengan toko online sejenis. Carilah kekurangan kompetitor dan gunakan itu menjadi kelebihan toko online kita nantinya. Differentiation bisa dilakukan melalui pelayanan CS, kecepatan pengiriman, kemasan produk, dll.

Gambar (Image)
Berjualan online visualisasi itu sangat penting, karena ini yang akan mempengaruhi ekspetasi target market terhadap produk kita. Berikanlah foto produk terbaik, tetapi tidak perlu banyak editan. Tanpa editan lebih baik, supaya lebih terlihat natural.

Penulisan Salinan (Copywriting)
Copywriting biasanya berbicara tentang bahasa iklan yang digunakan. Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan bahasa yang biasanya digunakan oleh target market Anda. Copywriting adalah salah satu teknik online marketing untuk mempengaruhi target market hanya dengan melalui tulisan. Penjelasan mengenai copywriting aka saya jelaskan di artikel lain.

Harga (Price)
Kebiasaan pembeli di internet adalah ingin mendapatkan barang semurah-murahnya. Nah, coba Anda cek apakah harga toko online Anda sudah sesuai dengan harga pasar atau belum. Jangan sampai harga Anda paling mahal.

Follow up
Faktor yang terakhir, tetapi juga paling penting yaitu bagaimana cara kita melakukan follow up calon pembeli. Follow up biasanya dilakukan jika calon pembeli tidak melakukan transfer pembayaran, tidak memberikan alamat pengiriman, dll

Follow up sangat penting dilakukan demi kecepatan transaksi. Kenapa Penting? Ya terkadang pelanggan habis menghubungi kita dia kan browsing lagi dan jika mendapatkan nomor yang bisa dihubungi, dia tanya-tanya lagi seperti yang dilakukan pada kita. Apabila kita tidak dengan segera menghubungi dia maka kompetitor kita yang mendahului kita. atau calon pelanggan lupa dengan barang yang pernah ditanyain karena terlalu banyak yang dihubungi. sedangkan produk yang cocok untuk calon pelanggan adalah produk kita. sehingga dia menjadi ingat kembali. terus Jika transaksi semakin cepat dilakukan kita bisa fokus kepada calon pembeli yang lainnya. itulah penting MemFollow Up Calon Pelanggan.

Demikian dulu ya, sedikit semoga bermanfaat, jika ada masukan tambahan mengenai judul di atas bisa melalui kotak komentar atau hanya sekedar mendukung artikel ini silahkan tinggalkan komentar tapi yang sopan ya..!hehehe

Ads Responsive
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Seorang yang ingin berbagi Pengetahuan dan informasi yang pernah terjadi pada diri sendiri dan orang lain yang dapat memotivasi kita dalam mengarungi bahtera hidup di Dunia dan Akhirat.

Related : Cara Meningkatkan Penjualan Produk secara Online

28 komentar

Sekarang memang penjualan secara online sangat ramai ya, memang jangkauannya sangat luas
terima kasih sharenya

Jualan online memang sedang ngetren selain itu juga mudah, meski kadang jenuh.. Hehe

Target dan harga, biasanya lebih berpengaruh besar.
Aku pengen jualan on line ,tapi sayang masih bingung produck.

E-commerce memang sedang naik daun ya akhir-akhir ini. Strategi pun sangat dibutuhkan untuk sebuah hasil yang maksimal. Terima kasih mas sudah mau berbagi tipsnya.

Cocok nih buat yang sedang bergelut dengan penjualan seccara online.

Kebanyakan editan di gambar itu merugikan customer dan diri penjual sendiri. Saya kapok beli baju di OL Shop karena tidak sesuai antara gambar dan kenyataan, mungkin gambarnya banyak diedit ya..

Tapi ada juga OL Shop yang jadi langganan saya karena memang benar-benar sesuai dan cocok :)



Thanks tips nya. Boleh juga nih digunakan kalau someday jualan online :)

setiap sesuatu pasti ada titik jenuhnya, tapi kalau dibiarkan JENUHnya akan jadi Pembunuh wkwkwkw

karena kebanyak orang mencari harga murah yang kwalitas bagus. termasuk saya hehehe

ya sama-sama gan, sukses selalu untuk kita bersama

Makanya kita harus menjad pelapak yang jujur dan mempromosikan produk apa adanya. biar pelanggan suka belanja di lapak kita. hehe

ya mbak sama-sama. jika nanti berjualan online semoga sukses mbak.

Kalau sudah jenuh ya jadi vakum.. Hehe

terimakasih ilmu cara menjual produk lewat onlinenya segeratakpraktekin untuk produkku

yg pling berperan kegnya soal harga dan target deh mas.. ahh, siapapun hrga murmer kualitas bagus psti mau yaa.
tpi tentunya kualitas bgus diikuti hrga yg sesuai jg..
akhirnya, online shop skrg byk yg sling bersaing dlm penjualanan produknya.

semakin banyak kompetitor kita harus semakin konsisten dengan produk kita terus selalu meningkatkan pelayanan yang lebih baik.

wih tipsnya kece banget
makasih ya
ijin share link ini di grup wa boleh?

Klo cuma share boleh lah, malah saya ucapakn terima kasih jika mau membagikan kiriman ini ke Group apa az

Mungkinkah karena pernah bangkrut hehehe

semakin banyak pesaingan hehe

semakin banyak tantangan hehehe

gambar dengan kualitas yang oke buat jualan online emang penting banget, cuma kadang suka bkin kesel pembeli kalo ternyata barang aslinya tidak sebagus yang digambar

Ya makanya kita sebagai pelapak harus berusaha agar memuaskan pelanggan