Kamis, 21 Juni 2018

Hari Raya Ketupat - Hari Rayanya Orang yang Puasa Syawwal

Ads Responsive

Satu Minggu yang lalu kita sudah melaksanakan Sholat Idul Fitri dan pada waktu itu disebut dengan Hari Raya Idul Fitri. Sekarang kita melihat tetangga atau bahkan kita sendiri memiliki banyak ketupat dimana kalau di desa saya tradisi yang biasa dilakukan dengan ketupat itu adalah Ketupat yang kita punya diberikan pada tetangga dan tetangga juga memberikan pada kita Istilah kami "TER-ATER"

Hari Raya Ketupat, Cara Membuat Ketupat, Anak Kreatif, Anak Pandai Membuat Ketupat

Hari Raya Ketupat Istilah Desa Kami adalah "Tellasen Pettok" Sebenarnya Hari Raya Ini adalah Hari Raya Orang yang berpuasa Sunnah 6 hari pada bulan Syawal, Saya menyebutnya dengan Istilah "Nyabel". Kita yang tidak berpuasa cuma Ikutan Beliau yang berpuasa. Anggaplah Kita Nebeng!! hehehe

Dalam beberapa hadist Disebutkan akan Keutamaan Puasa Syawal

Pertama:
"Barang siapa berpuasa enam hari setelah Hari Raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. [Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal].”

Kedua:
"Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian melanjutkannya dengan puasa 6 enam hari di bulan Syawwal, maka dia seperti berpuasa satu tahun." (HR. Imam Muslim).

Jadi, Meski Ramadhan sudah berlalu namun Masih ada Amalan-amalan yang bisa kita lakukan pada bulan Syawal, Ya Salah Satunya Berpuasa 6 Hari Pada Bulan Syawal yang Pahalanya sama dengan berpuasa satu tahun.

Yang dimaksud dengan Hadist di atas adalah Jika seseorang berpuasa selama ramadhan dan melanjutklan berpuasa 6 hari pada bulan syawwal maka ia akan mendapatkan pahala sama dengan berpuasa setahun penuh.

Apabila ada seseorang yang tidak berpuasa pada bulan Ramadhan tapi berpuasa 6 hari pada bulan Syawwal itu tidak termasuk dari hadist di atas. karena telah jelas Puasa 6 Hari pada bulan itu bagian dari Paket Puasa Ramadhan.

Kembali Pada Hari Raya Ketupat
Sebelum Hari raya ketupat, seringkali saya jumpai orang bingung cara mendapatkan ketupat, ada yang bingung bagaimana cara membuat ketupat. macam-macam dech yang membuatnya bingung.

Nah untuk anda yang memiliki Janur namun belum tau cara membuat ketupat, Ini saya sertakan Video Tutoril Membuat Ketupat biar kedepannyatidak perlu membeli jadinya dipasar.
Itulah yang dapat saya bagikan kali ini, Semoga bermanfaat dan Barokah

Ads Responsive
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Seorang yang ingin berbagi Pengetahuan dan informasi yang pernah terjadi pada diri sendiri dan orang lain yang dapat memotivasi kita dalam mengarungi bahtera hidup di Dunia dan Akhirat.

Related : Hari Raya Ketupat - Hari Rayanya Orang yang Puasa Syawwal