SHARE :

Modernisasi Desa

Terbit : 6 May 2021 / Kategori : / / Author : admin
Modernisasi Desa

Desa kita ini adalah desa yang memiliki banyak kekayaan alam yang bisa diconversi menjadi sumber pendapatan selama dikelola dengan baik dan benar dan sehingga masyarakat kita akan menjadi masyarakat desa yang madiri dan tidak bergantung pada asupan dari daerah lain.

Seperti yang terjadi di banyak desa saat ini. Pengelolaan yang biasa terjadi hanya pengelolaan yang bersifat tradisonal yang hanya mampu memberikan kualitas dan kuantitas yang tidak mampu bersaing dengan produk-produk yang berasal dari perkotaan ataupun produk yang berasal dari luar deerah yang telah diolah dengan baik dan dikemas dengan menarik sehinngga meningkatkan nilai ekonomis yang terdapat dalam produk tersebut.

Desa kita merupakan desa penghasil Sayuran dan buah namun tidak mampu menembus pasar yang lebih luas dan menjadi komuditas yang optimal sebagai penambah devisa bagi desa kita. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah karena pengolahan yang masih bertahan di pengolahan tradisional.

Persaingan didalam dunia usaha saat ini semakin ketat dan banyak sekali bermunculan produk-produk sejenis namun berbagai model pengemasan dan bentuk yang lebih manarik sehingga mempunyai keunggulan tersendiri.

Atas dasar tersebut, saya hadir untuk mejadikan masyarakat yang kreatif dengan memperhatikan kembali salah satu sumber kehidupan yang rata-rata banyak dipedesaan. serta memberikan pelatihan dan motivasi untuk berinovasi sehingga produk yang dihasilkan nantinya mampu bersaing dipasaran.

Banyak rantai pasar yang kemudian akan hidup jika hal ini dilakukan dengan baik. Saat proses produksi awal dilakukan, dimulai dari penanaman, pemupukan, pemanenan dan pada akhirnya sampai ke proses akhir yaitu pengemasan, yang akan banyak sekali kegiatan bisnis yang menggunakan tenanga kerja lokal didalamnya. Dan apabila semua proses itu dilakukan didalam satu desa yang sama, maka juga akan berefek mengurangi pengangguran  yang ada di desa tersebut.

Hal ini juga tidak akan bisa terjadi jika semua aspek masyarakat yang ada tidak mau bekerja sama dan bergotong royong demi terwujudnya desa yang mampu memproduksi hasil yang modern sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan krativitas dunia bisnis yang menuntut skill para produsen. Jika wiraswasta yang berdiri sendiri saja mampu menerapkan hal ini, kenapa desa kita yang notabennya mempunyai sumber daya alam dan SDM yang banyak namun tidak mampu menjadikan desa yang modern dari sisi dunia usaha yang akan menguntungkan bagi desa dan kelurahan mereka sendiri?

Berita Lainnya

Serah Terima Wakaf Al Qur'an
30 April 2021
Serah Terima Wakaf Al Qur’an
Author : admin
Bicorong Penghasil Umbi-umbian Anti Kanker
30 April 2021
Bicorong Penghasil Umbi-umbian Anti Kanker
Author : admin
Silaturrahmi Keluarga
27 April 2021
Silaturrahmi Keluarga
Author : admin
27 April 2021
Hello world!
Author : admin