SHARE :

Pemerataan Pendidikan

Terbit : 11 April 2021 / Kategori : / / Author : admin
Pemerataan Pendidikan

Pendidikan memegang peranan penting dalam peradaban suatu bangsa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan berasal dari kata kerja yang sangat mulya yaitu “mendidik”, yang berarti memelihara dan melatih (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Secara Istilah, Pendidikan adalah sebuah perubahan mendasar dan secara menyeluruh kepada peserta didik menjadi semakin baik secara cerdas dan juga secara emosional. Bukan sekedar perubahan dari tidak mengerti kemudian menjadi mengerti, tetapi lebih dari itu perubahan yang menjangkau keseluruhan hidup manusia ke arah yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri yaitu untuk memanusiakan manusia.

Jika tujuan pendidikan ini dapat diwujudkan dengan sangat baik maka tentu akan memberikan sumbangsih secara signifikan dalam pembangunan sumber daya manusia. Apalagi dengan jumlah masyarakat Bicorong yang saat ini berada diposisi 3 besar sekecamatan pakong menurut Badan Statistik Kabupaten Pamekasan yaitu sekitar 4037 Jiwa, yang akan sangat berpotensi dalam bersaing dengan penduduk desa lainnya.

Pendidikan diharapkan bisa menjangkau manusia secara utuh, Pendidik dapat mengajarkan peserta didik untuk dapat menemukan identitas diri serta mengarahkan mereka kepada talenta yang dimiliki untuk dapat dikembangkan. Harapannya adalah tujuan pendidikan dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian para peserta didik. Tetapi sayangnya, pendidikan di Desa Bicorong belum menghasilkan output secara maksimal seperti yang diharapkan dalam tujuan pendidikan tersebut.

Pemerataan dimaksud di sini bukan sekadar kesamaan cakupan materi masing-masing dengan adanya ujian tertentu sebagai standar yang harus dicapai secara nasional, tetapi juga memaksimalkan pengajaran sesuai dengan tujuan yang telah dirancang secara kontekstual oleh masing-masing institusi pendidikan. Pendidikan secara meluas yang terbuka bagi masyarakat umum dan pendidikan tersebut dapat menjadi wadah bagi pembangunan manusia berkualitas demi mendukung pembangunan bangsa. Dalam mendukung upaya pemerataan pendidikan yang diseimbangkan dengan terjaminnya kualitas pendidikan, Maka kami telahkan komunikasi untuk melakukan kerjasama dari berbagai pihak seperti meningkatkan berbagai fasilitas pendukung agar proses pendidikan dapat berjalan dengan baik dan maksimal seperti diharapkan. Berbagai faktor yang dapat mendukung upaya pemerataan pendidikan di Indonesia seperti kualitas tenaga pendidik, biaya pendidikan, sarana dan prasarana pendukung, sister school serta kurikulum.

Teringat dengan sebuah kalimat mengatakan bahwa sesungguhnya tidak ada siswa yang bodoh. Sebuah kalimat yang memiliki makna sangat dalam khususnya bagi para pendidik. Hal ini secara tidak langsung mendukung pentingnya kualitas seorang pendidik dengan berbagai caranya untuk membantu siswa dalam memahami dan mencapai tujuan pembelajaran secara tepat. Seperti perkataan Albert Einstein “if you cannot explain it simply, you don’t understand it well enough”. Para pendidik memiliki tanggung jawab besar dalam upaya mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran dan diharapkan secara maksimal dalam menjalankan proses pembelajaran.

Kualitas pendidik di institusi pendidikan akan menjadi fokus utama dari pemerintahan desa bicorong kedepan dalam menunjang keberhasilan para peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kualitas tersebut, pemerintah desa bicorong akan secara rutin memberikan pelatihan dan pengembangan profesionalitas kepada para pendidik. Sebagai pelaksana di lapangan, kualitas seorang pendidik akan secara berkelanjutan ditingkatkan sehingga pengetahuan para pendidik dapat terus berkembang. Hal ini akan berdampak kepada nilai-nilai serta pengetahuan yang diajarkan kepada para peserta didik.

Mari dukung kami untuk mewujudkan cita-cita ini demi Pemerataan pendidikan di Des kita tercinta.

Berita Lainnya

Serah Terima Wakaf Al Qur'an
30 April 2021
Serah Terima Wakaf Al Qur’an
Author : admin
Bicorong Penghasil Umbi-umbian Anti Kanker
30 April 2021
Bicorong Penghasil Umbi-umbian Anti Kanker
Author : admin
Silaturrahmi Keluarga
27 April 2021
Silaturrahmi Keluarga
Author : admin
27 April 2021
Hello world!
Author : admin